Beda Buah Cempedak Dengan Buah Nangka


Beda Buah Cempedak Dengan Buah Nangka
Buah Cempedak
Beda Buah Cempedak Dengan Buah Nangka - Cempedak adalah sejenis tanaman buah-buahan yang berasal dari keluarga Moraceae. Bentuk buah serta wanginya mirip dengan buah nangka, tetapi kadang aromanya yang menyengat.

Pribahasia "cempedak berbuah nangka" secara implisit telah menunjukkan perbedaan antara cempedak dengan nangka. Pribahasa yang sepadan misalnya "tanam padi tumbuh ilalang". Tentu saja semua orang setuju bahwa padi tidak sama dengan ilalang. Orang yang setuju bahwa padi tidak sama dengan ilalang harus setuju juga bahwa cempedak tidak sama dengan nangka.

Cempedak memang sedikit mirip dengan nangka karena termasuk famili Moraceae dan genus Artocarpus. Akan tetapi, cempedak berbeda dengan nangka karena keduanya memiliki spesies yang berbeda. Cempedak mempunyai nama ilmiah Artocarpus champeden sedangkan nangka mempunyai nama ilmiah Artocarpus heterophyllus. Tumbuhan lain yang satu marga dengan cempedak dan nangka adalah Artocarpus altilis (sukun, timbul, kulur), Artocarpus anisophyllus (mentawa), Artocarpus communis, Artocarpus integer, dan Artocarpus integrifolia, Artocarpus ordoratissimus (terap).

Nama Artocarpus sebenarnya merujuk pada buah sukun (Artocarpus altalis). Artocarpus berasal dari bahasa Gerika dari kata artos yang berarti roti dan karpos yang berarti buah. Dengan demikian, Artocarpus berarti buah tak berbiji yang menyerupai roti. Nama ini diberikan oleh Johann Reinhold Forster dan J. Gerog Adam Forster.
Beda Buah Cempedak Dengan Buah Nangka
Buah Nangka
Perbedaan antara cempedak dengan nangka terletak hampir pada semua bagian dari kedua tumbuhan ini. Akan tetapi, perbedaan yang menonjol hanya terletak pada batang, daun, kulit buah, bentuk buah, tekstur daging buah, biji, aroma, dan rasa.
Dari jarak 500 meter, pohon cempedak memang sulit dibedakan dengan pohon nangka jika dilihat dengan mata telanjang. Akan tetapi, dari jarak 20 meter sudah mulai bisa dibedakan.

Daun cempedak agak kasar dan ditumbuhi bulu-bulu sedangkan daun nangka halus dan bersih. Bahkan, daun nangka juga digunakan untuk mencetak makanan yang disebut dengan "pasung" yang terbuat dari tepung beras.

Jika sama-sama masak, buah cempedak dan nangka bisa dibedakan meskipun sama-sama dimasukkan ke dalam karung berpori yang tebal sekalipun. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan aroma dari kedua jenis buah tersebut


Jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk anda, mohon di share agar artikel ini juga bermanfaat buat orang lain. Silahkan pilih logo Sosial Media dibawah ini. " Indahnya Berbagi " ....Terima kasih
Share
Comments
0 Comments
 

Blog Archives

Peluang Bisnis

Copyright © 2015 - 2019 Kesehatan, Selebretis, Travelling, Kuliner, Teknologi, MP3 Lagu, Artikel Dewasa, Youtube, Google+.
Design by 2H. Published by Amirullah Yunus. Powered by Blogger.
Creative Commons License